Home » » Cara Menghemat Baterai Ponsel

Cara Menghemat Baterai Ponsel

Written By ryangilangwicaksono.blogspot.com on Minggu, 10 Februari 2013 | 08.24

Assalammu'alaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini Ryan Blogger akan meng-update tentang seputar Cara Menghemat Baterai Ponsel. Nah daripada terlalu lama mending langsung aja ya sob.


Bagi kalian yang mempunyai keluhan "haduh kok baterai saya cepat sekali drop ya", atau "Kenapa HP saya boros banget sih, gak kayak pas saya beli baru" atau yang lainnya lagi ? Nah ada beberapa cara lho all, untuk membuat baterai kalian itu bisa awet alias tahan lama. Nah kira seperti apa sih caranya ? Langsung saja deh kalau begitu. Inilah beberapa cara menghemat baterai :


1. Mengecas Baterai Kurang Dari 30%

Hindari mengecas ponsel saat dalam baterai masih lebih dari 50%, selain HP kalian nanti akan cepat drop atau boros akan menyebabkan kerusakan pada performa baterai ponsel kalian. Jadi sebaiknya kalian mengecas ponsel kalian itu pada saat indikator baterai kalian itu hampir habis, tapi jangan sampa ponsel kalian itu mati, atau kalian juga bisa mengecas HP itu minimal kurang dari 30%.

2. Mengecas Dalam Keadaan Off

Pastikan selalu jika kalian mengecas ponsel kalian itu dalam keadaan mati/off/padam. Karena dapat membuat baterai kalian cepat terisi full. Cocok nih untuk yang sedang terburu-buru. Oh iya ada lagi nih manfaatnya mengecas ponsel itu dalam keadaan off, yaitu demi menjaga keamanan ponsel itu sendiri.

3. Mengecas Ponsel Terlalu Berlebihan

Mungkin diantara kalian pernah berfikir "Ah sambil tidur dan mumpung tidak dipakai lagi ponselnya hari ini, mending saya cas dulu aja deh, lagi pula baterainya udah mau habis". Nah pemikiran seperti itu tidak baik sob, jika kalian terlalu sering mengecas HP terlalu lama atau berlebihan, dapat menyebabkan ponsel kalian boros. Selain boros pun ada lagi yang lebih parah dibanding itu, yaitu baterai akan melendung. Dan ada lagi nih yang lebih fatal, yaitu baterai ponsel kalian bisa meledak sob.

4. Jangan Menggunakan Wallpaper Animasi Bergerak

Hindari menggunakan animasi bergerak atau wallpaper flash. Memang menggunakan animasi bergerak itu dapat memperbagus tampilan ponsel kalian. Tapi apa salahnya jika kalian menggunakan tampilan walpaper yang biasa saja, demi hematnya baterai ponsel kalian. Oh iya jangan menggunakan wallpaper yang terlalu besar atau resolusi besar ya sob

5. Brightness yang Tidak Berlebih

Kurangilah derajat terang/brightness pada tampilan layar ponsel kalian. Lagipula brightness yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada mata, dan pastinya menyebabkan baterai kalian boros. Nah lebih baik kalian menggunakan brightness yang cukup saja, tidak perlu terlalu terang dan tidak perlu redup banget

6. Ringtones yang Tidak Terlalu Keras

Pergunakanlah ringtones yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu panjang durasinya. Kalau tidak kalian gunakan saja mode yang senyap + vibration, itu akan membuat baterai kalian lebih irit pastinya. Tapi jika kalian modus senyap, pastikan kalian menempatkn di tempat yang mudah kalian ingat. Jangan sampai protes ke orang-orang yang ada disekitarnya karena ponsel lupa naruhnya ya hahaha.

7. Mematikan Tone yang Tidak Penting

Menurut kalian penting tidak sih tone-tone seperti bunyi keypad, kamera, flip folder saat dibuka ? Jika tidak lebih baik kalian matikan saja tone-tone tersebut, agar baterai ponsel kalian lebih hemat sob. Memang mungkin lebih unik jika kalian nyalakan, tetapi kalian harus berfikir untuk lebih memilih untuk menghemat baterai daripada tone-tone seperti itu

8. Buang Aplikasi yang Tidak Berguna

Pergunakan aplikasi ponsel yang sesuai kebutuhan, jangan ragu menghapus/membuangnya jika memang tidak begitu memerlukannya. Selain memboroskan baterai, memori kalian pun akan penuh dengan aplikasi. Jadi jika aplikasi itu menurut kalian mengganggu langsung saja pilih hapus/uninstall. Lalu cari lagi deh aplikasi yang menurut kalian lebih berguna.

9. Bluethoot, Infrared atau Wi-Fi

Pastikan selalu menonaktifkan bluetooth, infrared atau W-Fi setelah selesai dipergunakan. Nah ini juga penting sob, karena biasanya bluethoot itu membuat baterai kalian cepat drop. Jika sudah tidak digunakan mending kalian matikan, daripada baterai kalian drop ?? Bener tidak sob ?

10. Mengatasi Panas Yang Terlalu Berlebih pada HP modem

Bagi para pengguna hp modem saat beronline ria baterai ponsel akan mengalami panas berlebihan. Solusi untuk mendinginkan baterai agar lebih awet stabil kinerjanya ialah dengan melepas/membuka casing ponsel bagian penutup baterai. Boleh juga sambil diberi hembusan kipas angin kecil.

Nah bagaimana nih sob update kali ini ?? Bagi yang akan mencoba Good Luck ya. Dan maaf jika ada kesalahan bahasa atau yang lainnya

Wassalammu'alaikum wr.wb.

7 komentar:

Bagaimana pendapatmu tentang artikel ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan?
Silahkan meninggalkan komentar, karena komentarmu sangat berarti bagi perkembagan blog ini.
> Komentar yang berupa SARA atau Spam tidak akan ditampilkan.

X-Steel - Working In Background