Home » » 5 Cara Cegah Cidera Lutut Saat Berlari

5 Cara Cegah Cidera Lutut Saat Berlari

Written By ryangilangwicaksono.blogspot.com on Kamis, 21 Februari 2013 | 08.53

Assalammu'alaikum wr.wb.

Pada kesempatan kali ini Ryan Blogger akan meng-update tentang seputar 5 Cara Cegah Cidera Lutut Saat Berlari. Nah pengen tau bagaimana saja caranya ?? Langsung dibaca aja yah sob.



Ada banyak cara untuk mencegah cidera pada lutut kalian saat berlari. Nah ini termasuk penting nih sob, soalnya untuk menjaga kenyamanan anda saat berlari atau pun jogging pagi. Lagipula jika anda sedang asik-asiknya jogging, terus kaki kalian cidera pasti itu sangat mengganggu kalian bukan ?? Maka dari itu kalian bisa mencoba tips dibawah ini yah sob. berikut beberapa tips sederhana yang bisa kalian coba untuk menghindari cidera lutut saat berlari:

1. Pakailah sepatu yang tepat

Jika kalian ingin berlari, sebaiknya kalian pilihlah dahulu sepatu yang ukurannya pas untuk kalian. Jangan sampai kekecilan atau kebesaran saat kalian pakai. Dan cermatilah sepatu yang akan kalian pilih atau pakai. Belum tentu sepatu yang mempunyai harga termahal didunia, terang plancher mempunya bahan pendukung yang cukup baik bagi kalian dan pelari yang lainnya. ada baiknya kalian mengeluarkan sol yang berada dalam sepatu yang kalian beli dan menggantinya dengan sol yang lebih kuat untuk mendukung kaki kalian.

2. Jangan lupa melakukan peregangan otot

Pada saat sebelum berlari atau jogging, ada baiknya kalian melakukan pemanasan dahulu, agar otot-otot kalian dapat merenggang. Pemanasan seperti ini baik digunakan untuk berlari jarak pendek dan panjang atau sekedar lari santai saja. Menurut plancer, peregangan merupakan cara terbaik untuk memperlancar aliran darah, khususnya saat cuaca dingin. Selain itu peregangan dapat menghindarkan kalian dari cidera lutut, peregangan juga bisa menghindarkan kalian dari cidera pinggul, patah tulang kering, serta kram kaki. Nah jadi jangan remehkan peregangan yah sob.

3. Variasi latihan

Seeorang pelari itu biasanya dia memfokuskan pada satu-satunya metode latihan berlari. Hal seperti ini dapat mengakibatkan keseimbangan tubuh kalian hilang sob. Pada pelari, biasanya otot-otot pada bagian depan lebih kuat dibandingkan yang belakang pahanya. Menurut plancher, lari sebaiknya dipadukan dengan olahraga lain. Kalian akan lebih baik jika menambahkan latihan lain pada rutinitas lari kalian. Jika kalian mengimbangi dengan latihan lain kalian akan dapat hasil seperti otot-otot yang kuat pada paha depan dan belakang, serta pada pinggul dan pantat

4. Jangan berlebih.

Bagi pelari yang sudah terbiasa atau bisa dibilang proffesional, biasanya setelah berkeringat dia akan berlari semakin jauh. Bagi pelari yang masih pemula sebaiknya kalian mengambil cara berlarilah sedikit-sedikit dahulu, jangan mencoba untuk memaksakan tubuh kalian. Tapi semakin lama dan seiring berjalannya waktu kalian tambahkan jaraknya."pastikan untuk beristirahat 1 atau 2 hari dalam tiap minggunya. Jangan tambahkan jarak tempuh lebih dari 10% perminggunya, mulailah berlari perlahan dan pastikan anda sudah melakukan peregangan sebelum dan sesudah lari. Hal ini akan menjaga agar otot-otot anda tetap lentur," terang plancher.

5. Diet sehat dan suplemen yang tepat

tubuh kalian pastinya memerlukan nutrisi yang tepat untuk mempertahankan kesehatan persendian. Para pakar, terang plancher, merekomendasikan orang dewasa untuk mengkonsumsi 1.000-1.200 miligram kalsium per hari. Tentunya tidak harus dari suplemen. Kalian bisa memenuhi kebutuhan kalsium dengan cara mengkonsumsi sumber kalsium seperti, sayur-sayuran hijau dan produk-produk susu.

Sebagai tambahan, lanjut plancher lagi, banyak pelari yang menggunakan suplemen glucosamine dan chondroitin sulfate. Glucosamine merupakan gula amino yang berperan penting dalam pembentukan dan perbaikan tulang rawan. Sedang chondroitin merupakan karbohidrat kompleks yang berfungsi membantu tulang rawan mempertahankan air dan mempertahankan kelenturannya.

Meskipun suplemen tidak bisa membantu semua orang, beberapa penelitian telah menunjukkan, kombinasi 2 suplemen ini bisa meredakan rasa sakit akibat oesteoarthritis. Plancher merekomendasikan glucosamine dengan dosis 1.500 miligram per hari dan chondroitin sulfate dengan dosis 1.200 miligram per hari.

Nah cukup yah update kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Dan bagi kalian ingin mencobanya semoga berhasil dan good luck OK.

Wassalammu'alaikum wr.wb.

10 komentar:

  1. Nice info....
    Makasih gan, ditunggu kunjungannya....

    BalasHapus
  2. sudah lama ana kaga lari-lari. kerjanya cuma duduk2 di depan komputer nis.

    kalau cara mengatasi supaya tidak cepet pegel waktu duduk gimana sob?

    apalagi kalau pas belajar, kalau duduk bentar bawaannya ngantuk eh malah ketiduran.

    thanks sob infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm mungkin agan bisa gerakkan kaki agan. Biar tidak terkesan tegang kakinya. Dibuat sante aja. Thanks for visit

      Hapus
  3. jarang lari ane sob walaupun telat sekolah santai aja

    BalasHapus

Bagaimana pendapatmu tentang artikel ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan?
Silahkan meninggalkan komentar, karena komentarmu sangat berarti bagi perkembagan blog ini.
> Komentar yang berupa SARA atau Spam tidak akan ditampilkan.

X-Steel - Working In Background