Home » » Bagian Blogger Dashboard

Bagian Blogger Dashboard

Written By ryangilangwicaksono.blogspot.com on Jumat, 22 November 2013 | 20.26

1. Menu Ikhtisar



Ikhtisar dalam blogger dashbor berfungsi sebagai panel utama dalam blog. Kita dapat melihat berita terbaru dari blog yang kita miliki hanya dengan melihat di tab ikhtisar ini. Seperti yang ada pada gambar, di dalam tab ikhtisar ini berisi hasil tayangan pengunjung, komentar, jumlah posting, dan pengikut yang telah mengikuti blog kita.

2. Cara Membuat Posting Blog





Jika kita ingin membuat posting baru untuk blog kita, kita dapat meng-klik salah satu dari yang berkotak merah, bisa dengan meng-klik entri baru, bisa juga dengan meng-klik gambar pensil di atas itu. Dan jika sudah kalian klik salah satu itu maka akan muncul seperti yang ada dibawah ini




Inilah tampilan jika kalian sudah meng-klik tanda yang tadi. Pastinya untuk membuat suatu postingan diperlukan sebuah judul, lalu kita bisa mulai menulis apa yang kita ingin bagikan kepada pengunjung. Kita juga bisa mengatur dengan menggunakan setelan entri disamping kanan seperti yang kalian lihat.
Dipojok kanan terdapat Compose dan HTML. Compose itu digunakan untuk mengetik biasa dan menggunakan bahasa biasa yang kita inginkan. Jika kita meng-klik HTML, makan akan beda lagi tampilannya. HTML ini berguna untuk mengedit pada tampilan posting kita. Jika kalian sudah bisa mengotak-atik HTML, kalian bisa membuat blogmagazine.

3. Menu Pos



Pada menu ini kita dapat melihat dan memantau apakah posting kita sudah berhasil tertampil di blog kita apa belum. Kita juga dapat melihat jumlah posting yang sudah kita buat dan sudah diterbitkan apa belum. Jika belum maka secara otomatis pada tab ini akan membuat tab Draft. Dan dari sini pula, kita dapat melihat seberapa banyak pengunjung yang telah melihat di masing-masing posting. Kita juga dapat melihat jumlah komen yang telah masuk dari para pengunjung.

4. Menu Laman



Pada tab menu laman ini berfungsi berfungsi untuk membuat halaman pada blogger yang tidak akan ditampilkan bersama dengan pos.

5. Menu Komentar



Pada menu komentar ini berfungsi untuk melihat semua komentar yang telah pengunjung buat dari setiap posting yang telah ditampilkan. Dengan menu ini pula kita jadi bisa dengan cepat melihat komentar yang telah dibuat, tanpa harus bingung melihat  satu per satu posting yang telah kita buat. Semakin banyak komen yang kita peroleh, semakin tinggi peringkat yang kita punya.

6. Menu Google+



Pada menu Google+ atau sering disebut G+ ini berfungsi menghubungkan blog yang kita punya dengan G+ yang bisa diintergrasikan dengan komentar.

7. Menu Statistik


a. Menu Ikhtisar



Pada menu Statistik ini kita bisa melihat dan memantau pengunjung yang telah mampir ke blog kita. Dari pulau apa, Negara apa, bahkan benua apa, kita bisa melihatnya dengan menu ini. Sama seperti menu ikhtisar tadi pada menu ini, tapi pada menu ini kita hanya terbatas pada pengunjung saja


b. Menu Pos


Pada menu ini bisa dibilang sama dengan menu yang sebelumnya, yaitu melihat pengunjung yang mampir. Tetapi pada tab ini berbeda, kita dapat melihat lebih rinci lagi. Kita dapat melihat posting apa yang paling banyak dikunjungi oleh pengunjung.

c. Sumber Lalu Lintas



Pada menu ini kita dapat melihat pengunjung darimana saja pengunjung itu bisa sampai ke blog kita.  Pada gambar diatas itu paling banyak yaitu dengan http://www.google.com/search

d. Menu Pemirsa



Pada menu ini kita dapat melihat dengan lebih rinci lagi darimana saja asal pengunjung yang telah melihat posting-posting yang kita buat.
8. Menu Tata Letak



Pada menu ini kita dapat merancang dan mengedit setiap gandget yang kita telah pasang. Jika kita belum memasang gadget, maka kita bisa memasang sendiri gadget yang kita inginkan dengan mengklik tambah gadget yang ada di blog kalian masing-masing.

9. Menu  Template




Pada menu ini kita dapat melihat tampilan blog saat menggunakan web maupun menggunakan handphone seluler. Kita dapat mengubah template blog yang kita inginkan dengan mengklik cadangkan/pulihkan di pojok kanan atas.

Dibawah langsung di blog ada Edit Html seperti gambar diatas. Jika kita mengklik itu maka akan muncul seperti dibawah ini



Edit HTML ini berfungsi mengatur segalanya pada blog kalian. Kalian bisa mengedit template yang telah kalian pilih di menu ini. Pada blogger dashbor yang baru menggunakan seperti program Notepad++, jika blogger dashbor yang lama menggunakan Notepad. Bahasa yang digunakan pun yaitu bahasa komputer, bukan bahasa yang kita gunakan sehari-hari.
10. Menu Setelan



Pada menu ini digunakan untuk konfigurasi total posting untuk halaman utama, manajemen komentar apakah diadakan atau  tidak, Seting Judul dan keterangan blog, format bahasa dan jam.

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapatmu tentang artikel ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan?
Silahkan meninggalkan komentar, karena komentarmu sangat berarti bagi perkembagan blog ini.
> Komentar yang berupa SARA atau Spam tidak akan ditampilkan.

X-Steel - Working In Background