Home » » Energi

Energi

Written By ryangilangwicaksono.blogspot.com on Selasa, 13 November 2012 | 16.14

Assalammu'alaikum wr.wb.


Pada kesempatan kali ini Ryan Blogger akan meng-update tentang Energi. nah sapa yang tau energi itu apa ?? Kalau kalian bingung langsung aja di baca ya. ^_^  *Selamat Membaca*

Secara sederhana dapat kita katakan bahwa energi adalah kemampuan melakukan usaha. Sebagai contohnya yaitu, jika kita berlari, kita akan merasa lelah karena mengeluarkan energi. Dan jika tidak diberi kesempatan untuk istirahat, kita akan kehabisan energi dan tidak mampu untuk berlari lagi. Agar dapat berlari lagi kita harus beristirahat, minum bahkan makan untuk mengembalikan energi yang hilang ketika berlari. Makan menghasilkan energi yang diperlukan untuk melakukan usaha (berlari lagi).

Di alam ini banyak jenis energi yang dapat kita temukan dimana-mana. Energi satu dapat diubah menjadi energi yang lain. Justru pada saat terjadi perubahan, enrgi bau terasa manfaatnya. Ada orang yang mengibaratkan energi dengan uang. Uang tidak bermanfaat jika hanya disimpan. Uang baru bermanfaat jika kita gunakan. Jadi, dapat disimpulkan bahwa energi tidak bermanfaat jika tidak ada perubahan bentuk. Energi baru bermanfaat jika terjadi perubahan bentuk.

1. Bentuk-bentuk Energi
a. Energi Kinetik
Mengapa peluru yyang keluar dari sebuah senapan sangat berbahaya jika mengenai manusia, padahal massa peluru hanya beberapa gram? Meskipun massanya kecil, peluru yang keluar dari senapan memiliki energi yang sangat besar. Hal ini disebabkan peluru tersebut mempunyai kelajuan yang sangat besar. Jika massa peluru tersebut diperbesar dengan gaya yang sama, energinya akan semakin besar pula. Energi apakah yang dimiliki peluru yang keluar dari senapan ? Energi tersebut dinamakan energi kinetik. Jadi energi kinetik dapat didefinisikan sebagai energi yang dimiliki sebuah benda karena kelajuannya. Pada kasus peluru yang keluar dari senapan dapat disimpulkan bahwa besar energi kinetik bergantung pada massa benda dan kecepatannya. Energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut :








b. Energi Potensial
Energi potensial adalahh energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya. Misalnya, pada peristiwa jatuhnya buah mangga. Ketik buah mangga terjatuh, buah mangga tersebut memiliki energi kinetik karena geraknya. Ketika masih berada di pohon, buah mangga tersebut memiliki energi potensial karena kedudukannya terhadap tanah. Sedangka, saat buah mangga menyentuh tanah, eneergi potensialnya 0 (nol) karena kedudukannya terhadap tanah 0 (nol). Besarnya energi potensial gravitasi dinyatakn dengan rumus :







c. Energi Mekanik
Energi mekanik adalah energi yang dimiliki benda karena geraknya atau karena kedudukannya. Energi mekanik merupakan jumlah dari energi potensial energi kinetik.
Hukum Kekekalan energi mekanik : "jumlah energi kinetik dan energi potensial suatu benda adalah tetap jika tidak ada gaya luat yang mempengaruhinya."
Rumus energi mekanik :
Em : Ep + Ek
keterangan : Em : Energi Mekanik
                    Ep : Energi potensial
                    Ek : Energi kinetik

d. Energi Kimia
Energi kimia adalah energi yang tersimpan dalam persenyawaan kimia. Makanan banyak mengandung energi kimia yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Energi kimia pun terkandung dalam bahan minyak bumi yang sangat bermanfaat untuk bahan bakar. Baik energi kimia dalam makanan maupun energi kimia dalam minyak bumi berasal dari energi matahari.

e. Energi panas (kalor)
Energi panas sering disebut juga energi kalor, merupakan salah satu bentuk energi yang berasal dari partikel-partikel penyusun suatu benda. Mengapa partikel-partikel suatu benda dapat menghasilkan energi panas? Kamu telah mengetahui bahwa setiap benda tersusun oleh partikel-partikel. Jika ada sesuatu yang dapat membua partikel-partikel ini bergerak, benda tersebut akan menghasilkan energi panas. Kalian mungkin pernah mendengar bahwa orang dapat membuat api dari kayu kering yang digosok-gosokkan. Kayu-kau kering yang saling digosokkan maka akan menimbulkan panas yang dapat membakar baha-bahan yang mudah terbakar.

f. Energi listrik
Saat kamu menonton televisi atau mendengarkan radio, darimana televisi dan radio memperoleh energi? Televisi dan radio serta alat-alat elektronika lainnya memperoleh energi dari energi listrik. Pada televisi, energi listrik diubah menjadi energi cahaya dan energi bunyi, sedangkan radio diubah menadi energi bunyi.

g. Energi Nuklir
Energi nuklir merupakan energi yang dihasilkan selama reaksi nuklir. Reaksi nuklir terjadi pada inti atom yang pecah bergabung menjadi inti atom yang lain dan pertikel-partikel lain dengan melepaskan energi kalor. Reaksi nuklir terjadi di matahri, reaktor nuklir, dan bom nuklir. Energi yang ditimbulkan dalam reaksi nuklir sangat besar, oleh kareana itu energi nuklir dapat digunkan sebagai pembangkit listrik.

h. Energi Cahaya
Matahari merupakan salah satu sumber energi cahaya. Ener cahaya dapat diperoleh dari benda-benda yang dapat memancarkan cahaya, msialnya api dan lampu. Energi cahaya biasnaya disertai bentuk energi lain seperti energi kalor (panas). Bahkan dengan menggunakan sel sury, energi yang dipancarkan oleh matahari dapat diubah menjadi energi listrik.

i. Energi Bunyi
Energi bunyi dihasilkan dari benda yang bergetar. Ketika kita mendengar bunyi guntu yang sangat keras, terkadang kaca jendela rumah kita akan ikut bergetar. Hal ini disebabkan bunyi sebagai salah satu bentuk energi merambatkan energinya melalui udara. Sebenarnya ketika terjadi guntur, energi yang dimiliki oleh guntur tidak hanya mengenai kaca rumah tetapi mengenai seluruh bagian rumah. Akan tetapi, energi yang dimiliki guntur tidak cukup besar untuk menggetarkan bagian rumah yang lainnya.

2.Perubahan Bentuk Energi
Energi bersifat kekal. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat diubah dari satu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain.
Beberapa perubahan bentuk energi yaitu :
a. Energi listrik menjadi energi panas
   Contoh perubahan energi listrik menjadi energi panas terjadi apda mesin pemanas ruangan, kompor listrik,setrika listrik, oven listrik, dan solder.
b. Energi kimia menjadi energi listrik
    Contoh, perubahan energi kimia menjadi energi listrik terjadi pada penggunaan batrei dan aki.
c. Energi listrik menjadi energi cahaya
    Perubahan energi listrik menjadi energi cahayya terjadi pada lampu dan monitor.
d. Energi Cahaya menjadi energi kimia
    Perubahan energi cahaya menjadi energi kimia terjadi pada proses fotosintesis.

3. Sumber-sumber energi
Sumber dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu sumber energi terbatas dan sumber energi tidak terbatas.
Sumber energi terbatas  meliputi bahan bakar fosil, yaitu batu bara, minyak, dan gas alam. Disebut bahan bakar fosil karena berasal dari bangkai-bangakaian organisme kecil yang tertinggal pada tumbuh-tumbuhan, kemudian tertimbun dalam waktu 600 juta tahun yang lalu, dan ini tidak dapat diperbarui.
Sumber energi tidak terbatas meliputi energi cahaya, energi angin, energi air, energi gelombang, energi panas bumi, energi nuklir, dan energi listrik

Nah gimana ni all mengenai update terbaru Ryan Blogger kali ini ?? Nah semoga dapat menambah wawasan kalian ya ... Jangan lupa sob untuk terus membaca. Karena kita bisa mendapatkan ilmu yang sangat besar sekali.

Wassalammu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Bagaimana pendapatmu tentang artikel ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan?
Silahkan meninggalkan komentar, karena komentarmu sangat berarti bagi perkembagan blog ini.
> Komentar yang berupa SARA atau Spam tidak akan ditampilkan.

X-Steel - Working In Background